Hajimemashite

Published September 20, 2009 by Muliyatun N.

Hajimemashite
Watashi no namae wa Miyazaki Ichigo desu
Douzo yoroshiku onegai shimasu

Kalimat di atas biasa digunakan oleh orang Jepang untuk memperkenalkan diri pada orang yang baru ditemui. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Hajimemashite
Merupakan kata yang diucapkan saat pertama kali bertemu dengan seseorang atau saat hendak memperkenalkan diri. Kata ini tidak memiliki arti yang pasti. Kalau dalam bahasa Inggris sama seperti ungkapan “How do you do?”
2. Watashi no namae wa Miyazaki Ichigo desu
Artinya, nama saya Miyazaki Ichigo.
3. Douzo yoroshiku onegai shimasu
Kalimat ini juga tidak memiliki arti yang pasti, tapi kurang lebih maksudnya adalah “Saya mohon bantuan Anda.”

Dari penjelasan di atas, kalimat perkenalan tersebut kira-kira artinya seperti ini:

Kenalkan
Nama saya Miyazaki Ichigo
Saya mohon bantuan/bimbingan/kerja sama Anda

Namun, di dalam anime atau dorama Jepang sering diterjemahkan menjadi:

Kenalkan
Nama saya Miyazaki Ichigo
Senang berkenalan dengan Anda

atau

Kenalkan
Saya Miyazaki Ichigo
Salam kenal

Perlu diketahui bahwa kalimat perkenalan yang saya sebutkan di atas merupakan pernyataan yang paling formal. Jika ingin yang lebih singkat, maka kalimat “Watashi no namae wa Miyazaki Ichigo desu” bisa diubah menjadi:
* Watashi wa Miyazaki Ichigo desu, atau
* Namae wa Miyazaki Ichigo desu, atau
* Miyazaki Ichigo desu
Sementara kalimat “Douzo yoroshiku onegai shimasu” bisa disederhanakan menjadi “Douzo yoroshiku” saja.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara memperkenalkan diri ala orang Jepang. Semoga bermanfaat ^_^

6 comments on “Hajimemashite

  • Leave a Reply

